Kamis, 04 September 2014

Mitos tentang perempuan menstruasi.


Informasi yang semakin berkembang memang seringkali membuat bingung dan bahkan bisa juga menyesatkan. Apalagi banyak sekali mitos seputar kehidupan perempuan yang sudah dipercaya turun menurun dari generasi terdahulu, namun pada kenyataannya tidak berhubungan dengan fakta dalam bidang kesehatan. Berikut ini 5 contoh paling populernya!

Mitos: Minum soda mempercepat menstruasi

Fakta: Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kalau mengonsumsi minuman bersoda dapat mempercepat menstruasi. Minuman bersoda hanya dapat membuat seseorang merasa lebih segar. Walaupun begitu, Ladies juga tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman bersoda secara rutin dalam jangka panjang karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh, yang otomatis dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

Mitos: Hindari mandi karena rawan kram

Faktanya: Menstruasi jadi malas mandi? Aduh, jangan dong, Ladies! Mandi atau kegiatan terkena air tidak ada hubungannya dengan kram perut. Kram saat haid dikarenakan otot-otot dalam rahim dan perut berkontraksi untuk mendorong cairan keluar dari rahim. Ladies bisa memilih mandi air hangat kok, untuk meredakan rasa nyeri kram tersebut.

Mitos: Dilarang keramas saat menstruasi
 
Fakta: Ini juga jelas bisa merugikan Ladies! Keramas harus kita lakukan untuk menjaga kebersihan rambut dan kepala. Coba bayangkan jika selama menstruasi perempuan dilarang keramas, bagaimana lepeknya rambut Ladies? Jangan diikuti, ya!

Tidak boleh berenang selama haid
 
Fakta: Berenang selama menstruasi sering dilarang karena khawatir dapat menyebarkan darah ke dalam air kolam. Padahal faktanya, jika Ladies berenang ketika saat sedang menstruasi hanya selama 10 hingga 15 menit saja, dapat mengurangi rasa kram yang menyiksa. Berani coba?

Berhubungan intim saat menstruasi tidak mungkin hamil
 
Fakta: Memang, kemungkinannya kecil untuk hamil saat berhubungan intim saat perempuannya sedang menstruasi. Namun, bukan berarti 100% tidak bisa hamil. Karena walaupun sedang menstruasi, sperma tetap dapat masuk ke dalam Miss V dan tetap dapat bertahan selama tujuh hari!

Bagaimana Ladies? Sudah bisa membedakan mana mitos dan fakta? Yuk tetap smart dalam memilah informasi,....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar